Review Buku: 5 cm

PERJALANAN MENUJU DIRI SENDIRI



Salah satu enaknya membaca dari ebook dari Gramedia Digital, kita tidak kesulitan mencari buku terbitan lama. Contohnya, buku 5 cm ini. Saya khusus membaca buku ini untuk referensi novel terbaru yang sedang ditulis. 

5 cm menceritakan persahabatan lima anak manusia: Genta, Riani, Ian, Zafran dan Arial. Mereka selalu menghabiskan waktu bersama, entah nongkrong, makan, olahraga, berbagi rahasia serta banyak hal menyenangkan lainnya. 

Hingga pada suatu hari, mereka merasa suatu kejenuhan, bukan perkara persahabatan, melainkan karena keseringan bersama itulah mereka tidak tahu harus melakukan apa lagi. Sebenarnya hal ini wajar bagi kehidupan manusia. Mereka pun akhirnya memutuskan untuk tidak bertemu dalam waktu lama. Tidak boleh menelepon. Kalau ada pekerjaan bersama, mengobrol seperluanya saja. Mereka akan bertemu lagi tiga bulan kemudian dan melakukan perjalanan ke gunung yang nantinya memberikan persepsi baru.

Secara keseluruhan, karakter dari para tokoh tergali dengan baik. Saya juga suka idenya. Melakukan perjalanan ke gunung untuk mencari pengalaman adalah impian saya sedari dulu. Namun, apabila diperkenankan memberikan sedikit kritik, saya merasa novel ini sedikit bertele-tele, sehingga bisa diperpendek dengan menyingkirkan beberapa paragraf, seperti lirik lagu dan narasi atau deskripsi yang tidak pada tempatnya. Kemudian untuk tagging dialog juga, alangkah bagusnya kalau dialog beruntun diberi tagging dialog agar pembaca tahu siapa yang sedang berbicara. 

Bagi kamu yang menyukai cerita ringan, baca juga novel Pacaran


Identitas Buku:
Judul Asli: 5 cm
Penulis: Donny Dhirgantoro
Penerbit: Grasindo

Posting Komentar

0 Komentar